Konfigurasi Dasar Juniper pada GNS3

Assalamualaikum,, kali ini kita belajar bagaimana caranya melakukan konfigurasi dasar di router juniper.. dimana di tutorial kali ini akan saya buat 2 topologi dimana router juniper 1 ( JUNOS1 ) saya akan beri hostname junos_semarang..hhe.. JUNOS2=junos_bandung..Kali ini topologi yang dibuat adalah seperti gambar dibawah :
Nah,, kali ini kita akan melakukan konfigurasi di router JUNOS 1.. ketika ditanyakan login:… ( isikan saja titik2 dengan root )… kemudian akan muncul mode root% ,, maka ketik cli, maka akan masuk ke user mode. untuk masuk ke privilege mode, ketikkan configure. ok, sudah masuk :). kemudian kita akan konfiigurasi hostname JUNOS1 menjadi junos_semarang.. seperti gambar dibawah :
Nah, jangan lupa, sebelum melakukan koonfigurasi umum kita harus melakukan otentikasi untuk masuk ke root agar bisa di edit. caranya, dengan mengetik set system root-authentication plain-text-password ( inget temen temen, isikan passwornya minimal campuran huruf besar dan kecil dengan panjang 6 karakter ). ok, kemudian bisa konfigurasi hostname nya dengan cara diatas. nb: commit adalah perintah untuk save konfigurasi, namun tidak secara permanen layaknya command wr pada cisco .
  • Langkah selanjutnya adalah, memberikan IP address, lakukan seperti gambar dibawah dengan mengetikkan, set interface em0 unit 0 family inet address 192.168.1.1/24
  • Melakukan save secara global, supaya buat jaga2 kalau device off, kita bisa reload konfigurasi kita,
  • Ok deh, sudah temen temen, sekarang kita akan melihat semua konfigurasi yang sudah kita lakukan,,dengan mengetikkan, show
nah,, lakukan hal yang sama di router JUNOS 2.
Setelah, kita konfigurasi JUNOS 1 dan 2, kita akan tes ping, dari JUNOS 1 ke JUNOS 2..command nya seperti gambar dibawah.
alhamdulillah berhasi.. nah, semoga bermanfaat. tunggu totorial selanjutnya,..

Belum ada tanggapan untuk "Konfigurasi Dasar Juniper pada GNS3"

Posting Komentar