Konfigurasi Dasar Perintah Cisco Router


Hai-hai temen-temen, kembali lagi berjumpa dengan saya nih, mulai hari ini dan seterusnya sayainsya allah akan terus memberikan informasi dan ilmu mengenai seputar komputer khususnya networking. Nah, hari sabtu ini, saya akan berikan dasar atau konsep awal dari Cisco Router, untuk temen-temen SMK TKJ pastinya nggak asing dong, ataupun temen-temen kuliah dari Sistem Informasi, Teknik Informatika, Teknik Telekomunikasi, harus sudah mengerti konsep dasar nya ya. 


Konfigurasi Dasar Perintah Cisco Router

Oke, kita asumsikan router cisco sudah menyala, buat sobat yang belum tahu cara menyalakan ataupun remote router cisco tenang saja, dipostingan berikutnya akan mimin berikan caranya, baik melalui windows (hyperterminal) ataupun linux (minicom).

Pada saat pertama kita menyalakan router, lah nanti kita akan sampai pada tulisan router> . ini berarti kita berada dalam mode user EXEC
router>enable
perintah  router>enable akan membawa kita pada mode privilege EXEC. router#
router# configure terminal
Kalau perintah router#configure terminal mengantarkan kita pada mode global configuration, artinya pada mode ini konfigurasi yang dilakukan akan mempengaruhi sistem dari cisco, misal mengonfigurasi interface, merubah hostname, dsb.

Okay, berikut ini beberapa perintah dasar dari cisco router yang wajib untuk diketahui. 

Belum ada tanggapan untuk "Konfigurasi Dasar Perintah Cisco Router "

Posting Komentar